Selasa, 03 Januari 2012

Fraud Type


Segitiga Fraud dan Bentuk-Bentuk Dasar Fraud

1.       Teori Segitiga Fraud
Konsep segitiga fraud dicetuskan oleh Dr Donald R. Cressey untuk menjelaskan tiga faktor penyebab yang muncul dalam setiap situasi fraud. Ketiga faktor tersebut adalah motif, rasionalisasi, dan sikap. Perbedaan faktor-faktor dalam segitiga tersebut menjelaskan mengapa fraud akan dilakukan dalam suatu situasi di mana terdapat kelemahan pengendalian internal dan disebabkan hal yang lainnya.
Segitiga fraud mendefinisikan tiga elemen yang muncul dalam setiap situasi fraud. Ketiga unsur tersebut harus ada pada suatu kejadian fraud, jika satu elemen dihilangkan, fraud tidak akan dilakukan atau akan dicegah dengan pengendalian internal organisasi.
Motif (Motive)
Motif menggambarkan suatu dorongan kebutuhan atas dana atau alasan seseorang yang menyebabkan dia perlu untuk melakukan suatu kejahatan. Unsur ini kadang-kadang disebut sebagai tekanan, yang biasanya suatu bentuk pendorong untuk memperoleh penghasilan tambahan yang akan digunakan untuk berbagai tujuan. Ketika fraud ditemukan, pelaku dapat menjelaskan alasan mengapa dia perlu melakukan suatu pencurian. Suatu analisis forensik dapat mengungkapkan penggunaan uang haram tersebut. Adapun beberapa motif adalah:
• Kebutuhan Hidup.
• Kegiatan terlarang.
• Tekanan Hidup.
Suatu kesulitan bagi organisasi untuk mengelola motif karyawan untuk melakukan fraud jika motif tersebut berupa suatu tekanan yang dihadapi karyawan yang berasal dari eksternal organisasi. Namun demikian, Organisasi dapat menyediakan program konseling bagi karyawan yang berada dibawah tekanan sebelum mereka berpaling kepada fraud sebagai satu-satunya alternatif untuk menyelesaikan tekanan tersebut.
Rasionalisasi (Rationalization)
Pelaku fraud menggambarkan tindakan mereka sebagai suatu tindakan yang bukan kategori kejahatan, melainkan hanya mengambil suatu keuntungan akibat ketidakadilan yang dilakukan oleh perusahaan atau orang lain. Mereka memaklumi tindakan mereka tersebut dan mengatasi kekhawatiran bahwa kegiatan mereka dengan beranggapan bahwa tindakan mereka bukan suatu pelanggaran hukum. Pelaku fraud merasionalisasi tindakan mereka. Rasionalisasi inilah yang memungkinkan mereka untuk melakukan kegiatan fraud.
Unsur-unsur rasionalisasi menjelaskan mengapa penipuan tidak terjadi dalam setiap situasi di mana terdapat kelemahan pengendalian dan saat seseorang membutuhkan dana: Seseorang mempercayai bahwa merupakan suatu kesalahan jika mengambil keuntungan dari perusahaan atau orang lain yang dirugikan oleh fraud. Pada dasarnya, orang itu melihat fraud sebagai suatu tindakan yang salah dan tidak akan melakukan fraud itu.
Unsur-unsur rasionalisasi juga menjelaskan mengapa suatu organisasi tidak harus mempertimbangkan suatu fraud kecil yang tidak penting. Bahkan dalam fraud kecil, pelaku telah dirasionalisasikan bahwa tindakan mereka tersebut bukan sebagai suatu bentuk kejahatan. Ini akan lebih mudah bagi mereka untuk memperluas dan meningkatkan aktivitas kegiatan mereka jika mereka diberikan kesempatan untuk masa depan mereka sendiri. Adanya istilah fraud kecil mengindikasikan adanya pola pikir yang tidak sehat untuk keberhasilan organisasi.
Pengelolaan rasionalisasi yang paling efektif adalah melalui lingkungan pengendalian yang tepat. Karyawan harus mendapatkan penguatan pemahaman yang konsisten dari apa yang dianggap perilaku yang pantas, baik melalui kebijakan tertulis dan perilaku manajemen yang tepat.
Manajemen hendaknya peduli dengan moral organisasi, jika moralitas telah suram, yaitu jika karyawan benar-benar membenci pekerjaan mereka dan membenci perusahaan, yang pada akhirnya jauh lebih mudah bagi mereka untuk membenarkan tindakan-tindakan fraud. Mencegah rasionalisasi sangat terkait dengan kebijakan sumber daya manusia dan prosedur untuk menilai kepuasan karyawan dan membantu mengembangkan budaya yang kuat.
Kesempatan (Opportunity)
Peluang menggambarkan kondisi yang memungkinkan penipuan terjadi. Biasanya ini merupakan bentuk kelemahan dalam struktur pengendalian internal yang memungkinkan aset yang akan dikonversi dan perbuatan yang tersembunyi. Kelemahan ini biasanya berasal dari aktivitas pengendalian yang dirancang secara buruk, kegiatan pengendalian kurang ditegakkan, atau kombinasi keduanya.
Pada intinya, banyak kerusakan pengendalian internal secara potensial memberikan kesempatan pada pelaku untuk melakukan fraud. Pelaku fraud sangat kreatif dalam mengidentifikasi cara untuk mengalahkan pengendalian internal dan dalam menemukan cara untuk menyembunyikan tindakan. Kelemahan pengendalian yang kritis terjadi di suatu kondisi di mana tugas yang tidak kompatibel tidak dipisahkan secara layak.
2.       Segitiga Fraud dan Fraud Laporan Keuangan
Bentuk fraud atas aset hasilnya berupa imbalan secara langsung yaitu pelaku secara langsung menerima kas atau aset berharga lainnya dari organisasi. Untuk fraud atas pelaporan keuangan, imbalan biasanya tidak langsung yaitu pelaku menerima bonus atau kenaikan gaji untuk kinerja keuangan atau suatu ukuran pencapaian.
Insentif atau Tekanan
Ketika hasil manipulasi dalam bentuk imbalan yang tidak langsung, motif untuk salah saji laporan keuangan disebut sebagai insentif atau tekanan yaitu karyawan mendapatkan insentif untuk mengubah hasil keuangan yang sebenarnya. Organisasi harus berhati-hati ketika mendefinisikan program kompensasi mereka untuk tidak menetapkan imbalan yang besar untuk sebuah target atau rintangan, karena hal ini dapat menjadi insentif atau tekanan untuk mendistorsi laporan keuangan.
Sikap (Attitude)
Pola pikir seseorang yang terlibat dalam manipulasi laporan keuangan disebut sebagai sikap. Selain itu, istilah ini menggambarkan sikap individu untuk pelaporan keuangan yang akurat. Manipulasi laporan keuangan dapat dilakukan melalui banyak teknik, termasuk penilaian manajemen:
       Perbedaan waktu, mempercepat pendapatan, atau menunda pengakuan beban
       Perubahan perkiraan atau cadangan
       Secara sengaja menyalahgunakan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP)
       Keterlibatan dalam transaksi (penyusunan Laporan Keuangan) hanya untuk mengakali penerapan GAAP

Kesempatan (Opportunity)
Kesempatan untuk mendistorsi laporan keuangan masih disebut sebagai peluang. Fraud yang terkait dengan aset berupa penghapusan langsung dari aset, sedangkan fraud terkait pelaporan keuangan dilakukan dengan memanipulasi sistem akuntansi untuk mencapai hasil tertentu. Dalam kasus fraud terkait laporan keuangan, manajemen tidak perlu menyembunyikan penghapusan aset; hanya perlu untuk mencegah ditemukannya laporan keuangan yang tidak benar. Hal ini dapat dicapai dalam berbagai cara, diantaranya:
       Manajemen memiliki kesempatan untuk mengarahkan atau memaksa karyawan / bawahan untuk membuat entri ke laporan keuangan.
       Karyawan seringkali tidak nyaman jika menentang perintah manajemen.
       Manajemen dapat membuat ketidaknyamanan dengan secara sengaja mengatakan bahwa dia telah mempekerjakan karyawan yang kurang memenuhi syarat.
       Manajemen dapat mengendalikan komunikasi atas suatu permasalahan antar unit-unit operasi.
3.       Tiga Bentuk Fraud
3.1. Fraud Duplikasi Pembayaran (Duplicate Payment Fraud)
Seperti namanya, fraud pembayaran duplikat melibatkan isu dari dua atau lebih identik cek untuk membayar utang yang sama. Satu berfungsi untuk membayar kreditur, sementara cek yang lain  dipulihkan dan diuangkan oleh pelaku.
Biasanya fraud terjadi ketika seorang karyawan dari suatu entitas, dengan maksud melakukan kejahatan, membuat dokumen yang diperlukan untuk menyebabkan pembayaran tambahan yang akan dibuat untuk vendor atau kontraktor untuk memenuhi pembayaran utang. Karyawan dapat bertindak sendiri atau berkolusi dengan karyawan dari vendor atau kontraktor. Pelaku mengatur untuk mencegat cek kedua dan cek tambahan yang mungkin dikeluarkan, dan selanjutnya menguangkan cek tersebut.
3.2. Multiple payee fraud
Multiple payee fraud hampir sama dengan duplicate payment fraud, perbedaannya hanyalah cek yang digunakan tidak identik. Fraud ini melibatkan dua atau lebih pembayaran ke vendor yang berbeda atau kontraktor untuk utang yang sama. Salah satu penerima pembayaran biasanya adalah salah satu yang benar-benar menyampaikan produk atau jasa. Yang lainnya adalah fraud atau konspirator dalam fraud. Fraud mungkin dilakukan oleh orang yang telah mengenal metode deteksi fraud, sehingga pemabayaran kepada beberapa vendor tidak terdeteksi sebagai fraud.
3.3. Shell fraud
Shell fraud melibatkan pembayaran ke vendor atau kontraktor (baik itu nyata ataupun fiktif) untuk membayar utang proyek-proyek, material, atau jasa yang diduga fiktif. Semua dokumen yang mendasarinya adalah palsu. Fraud ini mungkin melibatkan ataupun tidak melibatkan konspirasi dengan kontraktor atau pemasok. Semua uang yang dihasilkan pembayaran dikantongi oleh pelaku .
---------------------------
Dirangkum dari:
Cendrowski, H., Martin, J. P., and Petro, L.W., 2007, The Handbook of Fraud Deterrence, New York: John Wiley & Sons, Inc. (BAB 5) 
Silvestone, H., Davia, W. R., 2005, Fraud 101: Techniques and Strategies for Detection, 2nd Edition, New York: John Wiley & Sons, Inc. (BAB 6)
Coenen, T., 2008, Essential of Corporate Fraud, New York: John Wiley & Sons, Inc. (BAB 1)
Silverstone, H., and Sheetz, M., 2007, Forensic Accounting and Fraud Investigation for Non-Expert, 2nd Edition, New York: John Wiley & Sons, Inc. (BAB 1) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar